Tujuan Pembuatan Seragam Kerja di Sebuah Instansi

Seragam kerja merupakan sebuah pakaian yang diproduksi massal dengan tujuan digunakan untuk mempermudah urusan pekerjaan. Baju ini masuk dalam daftar perangkat kerja yang harus dipersiapkan. Di beberapa bidang pekerjaan, seragam bahkan wajib hukumnya dipakai. Karena berkaitan dengan keselamatan. Pemadam kebakaran salah satunya.

office uniform

Beberapa dan tujuan manfaat penggunaan seragam bagi pegawai antara lain :

  • Sebagai sebuah identitas. 

Sebuah instansi punya seragam yang berbeda degnan instansi sejenis atau instansi lainnya. Seragam ini digunakan sebagai pengenal sekaligus pembeda. Pengenal berarti pegawai yang mengenakan termasuk anggota instansi X atau pembeda misalnya instansi A mempunyai seragam orens, instansi  B dengan warna biru. Meskipun serupa, pasti ada pembeda yang dapat mengelompokkan mereka.  

Misalnya seragam tv nasional A menggunakan seragam dengan warna dasar merah, sedangkan stasiun TV B dengan warna hitam dan stasiun TV C dengan warna biru navy. Semua perbedaan dalam seragamnya juga mencerminkan bagaimana mereka ingin dipandang. Jadi, jika Anda ingin membuat sebuah seragam pastikan memperhatikan betul desainnya sebelum eksekusi. Sebab, hal tersebut cukup membawa dampak bagi kesan pertama para pelanggan untuk instansi Anda.

  • Sebagai perlengkapan penunjang kerja. 

Misalnya saja koki, dibuat demikian. Dengan perlengkapan topinya. Topi ini bukan topi sembarangan. Ia dibuat bukan tanpa tujuan. Saat para chef memasak, topi ini mampu menghalangi rambut koki kedepan dan menghalangi penglihatannya pada bahan yang sedang diolahnya. Selain itu, topi juga melindungi makanan agar tak terkena rambut yang mungkin jatuh, rontok dsb.

Contoh lainnya adalah Seragam bengkel atau sering disebut juga wearpack ini khusus digunakan oleh orang-orang bengkel. Seragam ini membantu mereka menaruh peralatan yang mungkin dibutuhkan saat bekerja. Di beberapa bagian di beri saku-saku kecil entah itu untuk menaruh obeng entah peralatan lain. pada dasarnya seragam kerja didesain sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kata lain itu merupakan salah satu perangkat kerja yang memudahkan pegawai.

  • Seragam sebagai alat keamanan. 

Sebagai perlengkapan yang wajib dipakai, seragam dengan bahand an desain tertentu dibuat untuk melindungi pekerja dari resiko yang mungkin muncul.  Misalnya saja seragam pegawai tambang dan seragam pemadam kebakaran. Di baju mereka terdapat sebuah garis. Garis ini akan menyala di tengah kegelapan. Hal tersebut akan membantu mereka tetap terlihat dan dapat terpantau keberadaannya meskipun ada di tengah kegelapan atau bahkan di perut bumi. 

  • Sebagai penguat citra perusahaan.

 Seragam dibuat unik karena mengandung simbol-simbol perusahaan yang ingin di tampilkan di depan para pelanggannya. Terutama mereka yang bergerak di bidang pelayanan, pegawainya akan menggunakan seragam yang cenderung stylish, modist dan kekinian. Hal ini, untuk menguatkan citra mereka yang selalu ingin tampil pria dan menyenangkan di depan pelanggannya. 

Baca juga:  Bordir Logo Emblem / Bet Untuk Sekolahan

Contoh dari seragam yang diciptakan sebagai penguat citra adalah seragam teller bank, seragam pramugari,  costumer service, dsb.

Tidak hanya berupa seragam formal, seragam-seragam non formal seperti kaos olahraga juga memiliki dampak dan tujuan yang positif. Diantaranya adalah nampak kompak, dan sesuai penggunaannya, pegawai tidak akan merasa tidak nyaman ketika harus beraktivita di bawah terik matahari saat olah fisik bersama di acara senam bersama di kantor.

Pengadaan seragam untuk instansi atau perusahaan bisa diserahkan  kepada mereka yang memang berpengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah https://najwan-garment.com/ atau untuk Anda yang ingin mengadakan seragam untuk teman sekantor bisa menggunakan jasa pembuatan seragam kaos sablon Surabaya