Tips Mengirim Karangan Bunga Duka Cita yang Tepat

Mengirim karangan bunga duka cita memang bukan suatu kewajiban. Namun, dengan mengirim bunga, penerima tahu betapa ada orang yang peduli akan kesusahan yang dialaminya. Bunga menjadi simbol yang bisa mewakili anda karena tidak dapat hadir dalam sebuah pemakaman atau mewakili kepedulian anda terjadap orang lain. Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang yang mengirim bunga saat ada teman, kerabat, rekan kerja dan lainnya meninggal. 
Untuk mengirim karangan bunga duka cita kristen atau agama lainnya, anda perlu memerhatikan jenis bunga apa yang diberikan. Selain itu, juga ucapan tertulis juga perlu dicek agar tidak terjadi kesalahan pengertian. Sebelum anda mengirim karangan bunga duka cita, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Inilah Tips Mengirim Karangan Bunga Duka Cita 

Berikut adalah beberapa tips tentang kebutuhan bunga pemakaman khusus:
Ketahui perbedaan antara bunga duka dan bunga simpati?
Sebelum mengirim karangan bunga duka cita, anda harus ketahui dulu perbedaan antara bunga duka dengan bunga simpati. Bunga duka biasanya dikirim ke pemakaman atau kremasi dan bunga simpati ditujukan ke rumah atau kantor keluarga orang yang meninggal. Biasanya bunga duka dipesan oleh anggota keluarga dekat atau kerabat. Bunga ini bagian dari pengaturan formal seperti pada peti mati atau untuk menghias gereja atau rumah duka.  
Sementara bunga simpati dikirimkan oleh teman, sahabat, rekan kerja, kerabat dan lainnya untuk menunjukkan rasa bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Bisa dikirim ke pemakaman atau rumah duka. Setelah tahu perbedaannya, anda bisa pesan karangan bunga yang tepat dan ikuti langkah-langkah di bawah ini!
Pastikan bunga akan diterima dengan baik
Tidak semua budaya dan keluarga bisa menerima bunga untuk upacara pemakaman atau peringatan. Cari tahu dulu apakah karangan bunga duka cita itu akan diterima oleh keluarga, sebelum anda mengirimnya. Teliti juga jenis bunga apa dan warna mana yang paling baik diterima. Warna merah mungkin tidak tepat dalam hal ini, tapi bunga warna putih dan kuning adalah yang paling tepat.

Karangan Bunga duka Cita

Tetap sederhana dan sadar secara budaya
Jangan mengirim bunga dengan warna cerah dan aksesoris tambahan seperti balon atau sisipan binatang kecil, bahkan untuk anak kecil sekalipun. Karangan bunga duka cita ini  untuk menyampaikan rasa simpati kepada keluarga yang ditinggalkan, sehingga tidak boleh mencerminkan keceriaan.
Selain itu, anda pun harus sadar akan budaya karena tidak semua agama dan budaya menjalankan praktik yang sama. Pastikan anda tahu apa yang pantas sebelum mengirim bunga apa pun. Untuk Katolik, Kristen Protestan, dan Budha menerima karangan bunga. Sedangkan bagi umat Hindu, pengiriman karangan bunga simpati kurang umum dikirimkan. Umat Hindu lebih suka karangan bunga di pemakaman. Kalau bagi umat Islam, bisa mengirimkan karangan bunga juga. 
Serahkan pada ahlinya
Mengetahui bunga apa yang pantas untuk dikirim bukanlah tugas yang mudah. Pilih toko bunga yang berpengalaman tentang bunga pemakaman. Beri tahu toko bunga seberapa baik anda mengenal almarhum, jika anda kerabat, seberapa dekat anda dengan orang yang meninggal, beritahu tentang etnis dan budaya almarhum/ almarhumah dan agama atau keyakinan dari alamrhum. Beri tahu semua itu agar toko bunga tahu dan mengirim bunga yang tepat.
Selain itu, jangan lupa tambahkan catatan agar penerima tahu siapa yang mengirim karangan bunga duka cita tersebut.