Tindakan Khusus Dalam Persalinan

Tindakan Khusus Dalam Persalinan – Persalinan merupakan tahapan akhir dari kehamilan yang dimulai dari proses keluarnya tanda-tanda kelahiran, sampa bayi dan plasenta lahir. Namun dalam proses kelahiran tidak semua berjalan dengan lancar, tindakan khusus seringkali harus dilakukan oleh dokter. Sebaiknya melakukan tindakan merangsang persalinan secara alami terlebih dahulu yang dapat di praktekan oleh para bunda.

Tindakan khusus dalam proses persalinan merupakan tindakan tambahan untuk membantu proses persalinan sebelum memutuskan untuk operasi Caesar. Berikut beberapa Tindakan Khusus Dalam Persalinan :

Pemberian Obat Perangsang

Pada tahap pertama proses kelahiran, apabila pembukaan jalan lahir tidak berlangsung lancar lebih dari 2 jam dari tanda-tanda kelahiran awal, dokter biasanya memutuskan untuk memberikan obat perangsang atau sering juga disebut dengan induksi persalinan. Obat perangsang ini berfungsi untuk memperkuat dan meningkatkan kontraksi. Pemberian obat perangsang diberikan apabila si ibu mengalami kontraksi namun lemah.

Kadang tindakan ini juga dilakukan pada kondisi KPSW (ketuban pecah sebelum waktunya) atau disebut juga KPD (ketuban pecah dini) sehingga kontraksi perlu dipicu untuk mendorong proses kelahiran. Obat perangsang yang sering digunakan adalah oksitosin dan diberikan melalui infuse. Biasanya setelah 12 jam kontraksi akan meningkat, namun tidak jarang kontraksi terjadi terlalu kuat sehingga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa.

Episotomi

Episiotomi adalah pembedahan yang dilakukan pada bagian bawah vagina untuk memperbesar jalan lahir sehingga mempermudah keluarnya bayi. Mengapa dilakukan episiotomy? Tindakan episiotomy dilakukan untuk mengurangi kerusakan /robekan jaringan kulit disekitar jalan lahir saat melahirkan. Sering juga dilakukan pada persalinan premature dengan tujuan agar mengurangi tekanan pada bayi yang masih lembut.

Pengguanaan Alat Bantu Kelahiran

Pengguanaan alat bantu kelahiran biasanya digunakan pada tahap kedua dari proses kelahiran. Apabila dalam proses pembukaan jalan lahir sudah lengkap, tetapi bayi seolah tersangkut pada jalan lahir dan tidak bergerak ke luar meskipun ibu telah mengedan, maka sebelum doketr memutuskan operasi Caesar, biasanya akan mengambil tindakan terlebih dahulu untuk merangsang proses keluarnya bayi. Ada dua macam alat bantu kelahiran yang biasanya digunakan yaitu forceps dan vacuum suction.

Baca juga:  Hanya Dalam Waktu Semalam! 5 Bahan Alami Ini Efektif Mengurangi Alergi Akibat Penggunaan Kosmetik

Demikianlah tadi beberapa Tindakan Khusus Dalam Persalinan yang digunakan untuk membantu proses persalinan. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.