Sumur Ember Kandangan, Wisata Pemandian Mata Air Termurah di Blitar

Banyak tempat wisata menarik di Blitar yang bisa dikunjungi terutama bagi kamu yang ingin merileksasikan badan dan menyegarkan pikiran. Nah kamu bisa mengunjungi salah satu sumber mata air yang berada di Blitar, yaitu Sumur Ember Kandangan. Sumur Ember Kandangan merupakan sebuah pemandian yang terdiri dari kolam tunggal berbentuk persegi dengan dasar kolam yang berupa kolam. Kedalaman kolamnya  mencapai 1,5 meter dengan ukuran yang tidak terlalu lebar yaitu sekitar 30×30 meter saja.

Di bagian pinggir kolam kedalaman air hanya sekitar 50 cm yang biasa digunakan anak-anak untuk bermain air. Lokasi wisata yang satu ini berada di Desa Kandangan, Kecematan Srengat, Kabupaten Blitar.  Untuk bisa merasakan sensasi berendam dan berenang di pemandian ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Di pintu masuk disediakan kotak amal yang bisa kamu isi dengan seikhlasnya. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan tarif 2.000 rupiah.

Keunikan Sumur Ember Kandangan

Sumur Ember Kandangan Air ditemukan oleh seorang warga yang sedang menggali sebuah sumur. Ketika baru menggali  beberapa meter, munculah sumber mata air yang begitu deras hingga membentuk sebuah kolam. Air  yang dihasilkan dari sumber mata air ini  pun begitu jernih sampai-sampai kamu bisa langsung melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dasarnya.

 Para pengunjung juga bisa menikmati terapi ikan. Cara terapinya cukup mudah. Kamu hanya perlu berdiam diri di kolam tersebut sampai ikan-ikan datang mendekatimu. Penduduk setempat juga percaya kalau air dari sumber ember mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Saat malam hari pun tempat ini masih dkunjungi beberapa pengunjung  untuk berendam  dan terapi  terutama orang-orang yang sedang sakit asma dan strook. Kolam ini dikelilingi banyak pepohonan hijau sehingga hawanya begitu sejuk.

Baca juga:  Pantai Muara Kintap, Pantai Hits Yang Instagrammable!

Rute menuju Sumur Ember Kandangan

Kalau dari pusat kota Blitar, perjalanan menuju Sumur Ember Kandangan hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.  Memang, agak sulit menemukan lokasinya dikarenakan belum adanya petunjuk jalan. Kamu bisa mengikuti rute Srengat via Kalipucung. Setelah sampai di daerah Tugu Rante, perjalanan dilanjutkan mwnuju Karanggayam/ Ngantru, Tulunganggung.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke arah barat sejauh 2 km, sampai menemukan sebuah plang Faskes Tingkat 1 Dr Pravita. Ambil jalur kiri yaitu masuk ke sebuah gang. Sampai di pertigaan, belok ke kiri dan ikutin jalan terus lalu belok ke kanan. Jika merasa bingung, tanyakan saja penduduk sekitar atau nggak gunakan aplikasi google Maps.

Demikian informasi seputar Sumur Ember Kandangan. Penasaran dengan pemandian mata air yang satu ini? Yuk sempatkan berkunjung kesini! kunjungi blog wisata asyik untuk dapatkan info menarik lainnya.