Manfaat Neti Pot Untuk Mengatasi Permasalahan Pernapasan

Manfaat neti pot

Pernah mendengar istilah neti pot? Peralatan yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan organ pernapasan. Apa saja manfaat neti pot tersebut?

Manfaat Neti Pot Untuk Mengatasi Permasalahan Pernapasan

Neti pot adalah teko berukuran kecil dengan mulut yang panjang. Teko kecil ini sering digunakan untuk membilas saluran hidung yang tersumbat sehingga bisa meringankan aktivitas pernapasan. Manfaat neti pot sudah dikenal sejak berabad yang lalu dalam praktisi pengobatan India. Praktisi Ayurveda menggunakan air asin hangat untuk membasuh rongga hidung sehingga kelebihan lendir, serbuk sari dan kotoran lainnya bisa keluar.

Neti pot digunakan sebagai irigasi hidung bersama dengan air garam. Air garam dari neti pot dialirkan dari satu lubang hidung kemudian mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Pembersihan rongga hidung ini bisa dilakukan hingga empat kali per hari. Praktek pembersihan hidung menggunakan neti pot dianggap cukup efektif terutama dalam mengatasi infeksi sinus, hidung tersumbat dan iritasi. Penggunaan neti pot juga mampu mengurangi pemakaian semprotan corticosteroid nasal yang sering dipakai untuk mengendalikan peradangan hidung.

Praktik irigasi hidung menggunakan neti pot dipercaya mampu meningkatkan taraf kehidupan. Setidaknya dari 200 pasien yang menerapkan prosedur ini mengalami perbaikan signifikan. Dari 30 gejala yang sering muncul berkurang hingga hanya 23 gejala gangguan pernapasan. Pada penderita sinus, penggunaan neti pot bersama dengan garam fisiologis (NaCl 0,9%) menjadi cara paling efektif untuk melegakan rongga hidung.

Neti pot with salt and spoon*

Hal yang Perlu Diperhatikan Selain Manfaat Neti Pot

Meski sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan rongga hidung dan melegakan pernapasan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan neti pot. Penyalahgunaan neti pot maupun membilas hidung menggunakan peralatan lain diduga bisa meningkatkan resiko infeksi. Peralatan pembilas hidung lainnya seperti semprotan hidung, botol peremas dan perangkat pembilas yang dioperasikan dengan baterai bisa beresiko fatal jika tidak digunakan dengan benar.

Baca juga:  Tindakan Khusus Dalam Persalinan

Neti pot juga tak boleh dipakai pada bayi. Hal ini karena irigasi hidung yang konstan justru memperbesar resiko infeksi sinus. Apalagi organ tubuh bayi belum berfungsi dengan sempurna sehingga cukup rentan terhadap aktivitas irigasi hidung. Meski begitu penggunaan neti pot sesekali masih diperbolehkan pada orang dewasa.

Sebagai campuran garam fisiologis pada larutan irigasi, gunakan air yang bersih atau air yang steril. Kebanyakan kasus kematian pada pemakaian neti pot disebabkan karena adanya amuba parasit naegleria fowleri di dalam air irigasi. Parasit ini bisa menyebabkan infeksi fatal di otak jika bertemu dengan sinus.

Langkah penggunaan neti pot yang aman yakni dengan membilas hidung menggunakan air steril, air yang sudah direbus atau air yang sudah disaring. Air keran dianggap tidak aman karena belum melalui proses penyaringan yang memadai. Selain itu, gunakan garam kosher yang memiliki kandungan sodium klorida murni tanpa tambahan mineral. Dengan begitu, manfaat neti pot yang optimal bisa Anda dapatkan.

Baca juga: https://nasadistributor.com/