Lets Go Green, Mari Kita Galakkan

Banyak sekali poster-poster atau iklan yang mengajak kita untuk go green saat ini. Sebenarnya apa itu yang di maksud dengan go green? Apa manfaat go green ini bagi kita? Tentu kita bertanya-tanya tentang hal itu, memang bisa mempengaruhi hidup kita? Hal yang satu ini pasti paling sering otak kita pikirkan. 

 

Apa itu Go green ?

Go green berasal dari bahasa inggris yang bisa kita maksudkan sebagai gerakan penghijauan. Namun go green yang selalu di gembar-gemborkan bukan hanya untuk penghijauan saja. Kita harus menghentikan perusakan yang kita lakukan pada bumi. Sebagai makhluk yang sama-sama hidup di bumi, manusia wajib menyertakan diri untuk menjaga tempat ini.

 

Kita sudah terlalu banyak merusak alam, baik yang kita sengaja maupun tidak. Bahkan merusak bumi ini kadang sudah menjadi kebiasaan yang sulit kita hentikan. Padahal bahaya sekali jika hal ini terus-terus kita lakukan. Mungkin bagi kalian hal itu bukan apa-apa, namun jika terus-menerus dilakukan akan besar dampaknya. Seperti kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit, seperti tingkah kita dalam merusak lingkungan sekitar. Padahal yang merasakan dampaknya tidak hanya kita, namun orang-orang yang ada di sekitar kalian juga. Apalagi jika kalian memiliki orang tersayang, pasti kalian tidak ingin terjadi apa-apa dengan dia.

go green

Hal Kecil yang Bisa Kita Lakukan Untuk Go Green

1. Mengurangi Sampah plastic

Plastic seperti kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Apalagi saat kita membutuhkan tempat untuk benda cair. Seperti yang paling sering kita butuhkan adalah tempat air minum untuk di bawa bepergian. Botol plastic pasti menjadi pilihan, namun hal ini tidak dapat bertahan lama. Kalian harus menggantinya lagi, lalu menyampah lagi dengan ketidak sadaraan diri. Maka dari itu kita memerlukan tempat yang bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak seperti tumbler. Kalian bisa mendapatkannya di https://tumblermurah.pesanonline.web.id/  untuk kita melakukan project go green.

Baca juga : Referensi Grosir Souvenir Tumbler di Surabaya

Sampah plastik sangat sulit untuk diurai mikroorganisme yang ada di tanah. Bahkan sampah ini bisa terurai sampai ratusan tahun kemudian. Karena rantai karbon yang menyusun benda yang satu ini sangat panjang. Selain itu jika termakan oleh hewan-hewan yang ada di tanah racun dari plastik ini tetap akan bertahan, tidak dapat di cerna. Akibatnya hewan tersebut akan cepat mati, padahal dia yang membantu penyuburan tanah.

 

2. Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah sembarangan seperti sudah mendarah daging bagi kita. Padahal gerakan kecil kita ini mampu menjaga lingkungan tetap aman sudah termasuk gerakan go green. Jika kita teruskan hal ini bencana seperti banjir akan sering terjadi. Tertutupnya saluran air akibat sampah-sampah yang kalian buang terbawa arus membuat air meluber, apalagi saat musim penghujan.

 

3. Mendaur ulang sampah

Kita bisa menjadikan sampah yang ada di sekitar kita menjadi bernilai ekonomis. Membuat kerajinan tangan seperti tas, dompet, hiasan dinding dari sampah non organic bisa membantu gerakan go green. Untuk sampah-sampah organic kita bisa memanfaatkannya untuk menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos lebih ramah lingkungan dari pada pupuk kimia yang bila kebanyakan akan merusak keseimbangan unsur hara yang akan di tanah.