Cara Mudah Menjernihkan Air Sumur Bor yang Bisa Anda Terapkan

Meskipun air sumur bebas sering terkesan alami tetapi tak bisa dipungkiri air tersebut juga bisa terkena masalah air bersih. Sering kali ditemukan bahwa air tanah yang diambil dari sumur akan tampak keruh, kotor dan kekuningan. Biasanya air dengan kondisi tersebut memang kurang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya terutama untuk dikonsumsi. Namun tak perlu khawatir karena masih ada cara menjernihkan air sumur bor yang bisa anda terapkan sendiri.

Bila mendengar tentang penjernihan air, maka yang langsung terlintas dalam pikiran anda adalah kaporit. Dimana zat ini memang sering dipakai untuk mensterilisasi air sungai agar terbebas dari bakteri dan virus. Selain itu kaporit tersebut juga bisa dipakai untuk menjernihkan serta menaikkan pH air. Lalu bagaimana cara menjernihkan air sumur bor? Berikut ini akan diberikan penjelasan lebih lengkapnya.

1. Langkah yang pertama yaitu dengan memisahkan air dari polusi baik berupa kotoran, micro organisme maupun zat terlarut.

cara menjernihkan air sumur bor

Proses penjernihan air ini dilakukan secara kimia maupun alami menggunakan bahan penjernih air sumur. Selain itu proses penjernihan tersebut dilakukan langsung pada sumur atau bisa di tempat penyimpanan air atau tandon. Tidak hanya kaporit, bahan lain yang bisa dipakai untuk menjernihkan air sumur yaitu Poly Aluminium Chloride, batu gamping dan tawas.

2. Sedangkan untuk menjernihkan air sumur bisa dilakukan pada kondisi air sumur yang kondisinya masing-masing berbeda.

Sebab masing-masing sumur bisa mengalami permasalahan seperti air sumur bau besi, berminyak, kuning atau berbau tak sedap. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan eksperimen sederhana sehingga bisa melihat reaksi dari penjernihan air sumur tersebut. Caranya siapkan air sumur keruh, PAC, kaporit, tawas, batu gamping dan spidol. Lalu tuangkan air sumur ke dalam 4 gelas yang kosong lalu masukkan masing-masing bahan penjernih tersebut sebanyak ¼ sendok teh. Setiap satu gelas air sumur ditambahkan satu jenis bahan penjernih. Kemudian aduk supaya tercampur rata kemudian tandai pakai spidol masing-masing gelas. Diamkan selama 3 jam dan amati air mana yang cepat jernih dan paling jernih. Dengan cara ini anda bisa memakai bahan penjernih yang terbaik. Pastikan air sumur yang sedang dijernihkan memakai bahan tersebut tidak dipakai selama beberapa jam hingga proses penjernihan yang memakan waktu 6 jam selesai dilakukan.

Baca juga:  Mendesain Kamar Tidur Bernuansa Klasik Yang Indah

3. Jika sudah menjernihkan air di sumur secara langsung tetapi hasilnya air masih kekuningan atau berminyak maka bisa jadi penyebab hal tersebut adalah pipa airnya.

Jika tersebut anda alami maka silakan perbaiki pipa air tersebut atau bisa juga dengan menjernihkan air di tandon. Proses penjernihan tersebut dilakukan menggunakan kaporit sebanyak 1 sendok makan untuk 1000 liter air. Pastikan pemakaian kaporit tersebut tidak berlebihan agar tidak berbahaya untuk kesehatan. Bila anda tidak ingin memakai kaporit maka anda bisa memakai tawas atau kapur gamping lalu diamkan selama 6 jam sampai kotoran mengendap.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menjernihkan air sumur bor yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa melakukan upaya penjernihan air sumur bor melalui cara yang mudah. Tetapi pastikan anda menggunakan bahan yang aman dan cara yang tepat agar air tersebut jernih dan sehat.

Baca juga: https://sejasaku.net/jasa-pembuatan-sumur-bor-makassar/