Baru Belajar Membuat Website? Kamu Harus Tahu 8 Tips Membeli Hosting Dan Domain

Ketika baru memulai membuat website, mungkin kamu sering kebingungan tentang langkah apa saja yang harus dilakukan setelah  membeli  domain dan hosting? Nah sebelum  itu, kamu harus tahu dulu bagaimana sih cara memilih hosting dan domain yang benar.

Berikut penjelasannya:

Kebutuhan hosting

Besarnya space hosting yang akan kita ambil, sangat bergantung pada seperti apa kebutuhkan hosting yang kita dibutuhkan. Selain itu, support hosting dan lokasi server juga perlu dipertimbangkan lho! Jika websitemu  masih baru, kapasitas hosting yang diperlukan masih belum sebesar website lama/existing website.

Jenis website

Tentukan dulu jenis website seperti apa yang akan kamu buat. Jika kamu ingin membuat toko online, kamu akan membutuhkan space hosting yang lebih besar untuk mengisi banyak gambar produk yang akan kamu jual. Untuk itu space hosting yang kamu pilih harus sesuai dengan jenis website yang kamu buat ya!

Lokasi server

Lokasi server  bermcam-macam jenisnya, tergantung dari  yang ditawarkan oleh penyedia hosting, seperti:

Hosting IIX= Indonesia

Hosting USA= USA

Hosting SG= Singapore

Hostung EU = Eropa

Semakin dekat  lokasi server dengan pengunjung website, proses load website pun akan semakin cepat. Selain itu, spesifikasi hardware juga berpengaruh dalam kecepatan server.

Memilih ekstensi nama domain yang terkenal

Akan lebih baik jika kamu memilih nama domain yang sudah terkenal, seperti com, net, dan web,id. Nama domain seperti itu paling sering diketik orang saat menulis alamat suatu website.

Setelah mengetahui cara memilih domain dan hosting yang benar, selanjutnya kita akan membahas langkah apa saja yang akan dilakukan setelah membeli domain dan hosting. Berikut penjelasannya:

Memeriksa email dari Hosting Provider

Setelah membeli domain dan hosting, kita harus mengecek email karena mereka pasti mengirimkan email yang berisi informasi akun domain, akun hosting, dan akun ke penyedia domain hosting tempat kita membeli domain dan hosting. Informasi tersebut nantinya akan digunakan untuk masuk ke domain panel dan hosting panel.

Baca juga:  Cara Website Tampil di Google

Login ke area klien

Dengan login ke area klien, kamu bisa mendapat informasi mengenai administrasi billing dan mengatur domain cPanel hosting mesikupun settingan ID akunnya masih terbatas.

Masuk ke CPanel Hosting

Kamu sudah bisa mulai mengelola website, seperti membuat email menggunakan costum domain, membuat webstie menggunakan auto installer, mengatur letak folder pada server, dan lain-lain.

Onlinekan websitemu

Terakhir kamu sudah bisa mulai menjalankan website sambil belajar bagaimana cara menggunakannya.

Itu dia 8 tips yang harus kamu tahu setelah membeli domain dan hosting, semoga berguna ya!