5 Tempat Wisata Alam di Bandung Ini, Jadi Langganan Para Pecinta Alam

Bandung selalu dikenal dengan Paris van Java, yang berarti di sinilah tempat berliburnya orang-orang. Selain kota yang berkembang dengan pesat, wisatanya juga semakin banyak ragamnya. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga wisata belanja. Beberapa tempat wisata alam di Bandung juga tidak pernah sepi pengunjung, meskipun mereka sudah berkali-kali datang. Karena memang hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah tidak bisa ditemukan di kota lain.

Bahkan para pecinta alam atau para pendaki, mungkin puluhan hingga ratusan kali mengunjungi wisata alam ini. Tapi mereka tidak pernah bosan, bahkan sudah memiliki agenda atau jadwal tetap untuk mengunjunginya lagi. Berikut beberapa wisata alam yang jadi langganan mereka.

Tempat Wisata Alam di Bandung, Jadi Cintanya Pecinta Alam

1. Tebing Gunung Hawu

Yang doyan cari spot foto sunrise, tempat wisata alam di Bandung ini jadi salah satu tujuannya. Sambil menunggu matahari terbit, kalian bisa tiduran di hammock yang digantung di antara dua tebing. Tempat ini dijadikan obyek wisata oleh warga sekitar, agak tebing gunung ini tidak dijadikan tambang kapur oleh manusia-manusia serakah. Asal nama Hawu ini berasal dari lubang besar yang ada di tengah gunung ini. Hawu sendiri dalam bahasa sunda berarti tungku.

2. Leuwi Jurig atau Grand Canyon Mini

Leuwi Jurig atau kolam setan dalam bahasa Indonesianya. Kabarnya, siapa yang mandi di sini bisa lepas dari jeratan ilmu hitam, seperti santet, pelet, atau guna-guna yang lainnya. dibalik namanya yang cukup seram, tempat ini punya pemandangan yang indah sekali. Tidak kalah dengan Grand Canyon di Amerika.

Tebing bebatuan raksasa yang ada di sisi kanan kiri sungai yang jernih ini, bikin pemandangan makin indah. Dinding tebing warna abu-abu dengan sungai berwarna biru kehijauan ini seperti di dunia dongeng.

Baca juga:  Review Hotel Murah di Semarang Untuk Liburan Backpacker

3. Sanghyang Heuleut

Laguna kecil yang ada di antara tebing putih dan hutan di atasnya, serta air terjun yang jadi sumber airnya, jadi tujuan wisata yang unik bagi para pecinta alam. Tempat wisata alam di Bandung ini dinamai Sanghyang Heuleut karena dianggap suci oleh warga sekitar. Dan nama Heuleut ini berarti selang waktu dua dunia, untuk menggambarkan betapa sucinya tempat ini bagi makhluk dari alam lain tersebut.

Banyak warga yang percaya masih ada bidadari yang mandi di laguna tersebut. Air dari kolam ini, terus mengalir langsung menuju arah Citarum yang juga bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Air.

4. Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek

Kedua gua ini, masih satu jalur dengan Sanghyang Heuleut. Selain itu, keduanya juga menjadi bagian menarik di kawasan PLTA Saguling dan menjadi tempat wisata baru di Bandung. Sanhhyang Tikoro atau dalam bahasa Indonesia berarti Rongga Suci, merupakan gua yang memiliki sungai di mengalir di bawahnya. Sedangkan Sanghyang Poek yang berarti Gelap. Karena memiliki gua yang sangat gelap di dalamnya.

5. Gunung Batu Lembang

Kembali lagi ke Lembang, di sini terdapat gunung batu yang dijadikan para wisatawan, terutama pecinta alam dan olahragawan panjat tebing untuk mengasah kemampuannya. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Lembang, tempat wisata alam di Bandung ini menyajikan pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Palasari, dan Bukit Tunggul. Kalian juga bisa berkemah di sini sambil menunggu matahari terbit, karena gunung Batu ini berada paling tinggi dibandingkan sekitarnya.