5 Keuntungan Mendirikan Bangunan Menggunakan Bata Ringan

Onclojure.com – Penggunaan material bangunan yang praktis, berbobot ringan dan memiliki daya tahan yang lebih baik kini semakin diperhitungkan, mulai dari material untuk struktur bangunan yang menggunakan baja ringan sampai dengan material pembuat dinding yang menggunakan bata ringan.

Bangunan Menggunakan Bata Ringan

Jika dibandingkan dengan bata konvensional seperti bata merah dan batako, popularitas dari bata ringan saat ini memang masih kalah. Namun perlahan tapi pasti, dari waktu ke waktu permintaan pasar terhadap bata ringan terus meningkat. Sehingga hampir dipastikan keberadaan bata konvensional dalam waktu dekat akan tergeser.

 

Tingginya angka permintaan terhadap bata ringan yang masih akan terus meningkat tersebut tidak lain karena sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh oleh mereka yang mendirikan bangunan dengan menggunakan material bata ringan. Berikut beberapa keuntungan tersebut.

 

Daya Tahan Sekuat Beton

Jangan terkecoh oleh bobotnya yang 3 kali lebih ringan dibanding bata konvensional, karena meski berbobot ringan namun kekuatannya melebihi batako maupun bata merah. Bahkan,  memiliki daya tahan sekuat beton, karena bahan yang dipakai untuk membuat bata ringan sama dengan bahan untuk membuat beton.

 

Daya tahan dari bata ringan ini dipercaya mampu menghadapi goncangan yang kuat akibat gempa. Karena itulah pada awalnya bata ringan populer dipakai sebagai material untuk membangun mall dan gedung-gedung bertingkat sebelum akhirnya meluas dengan digunakan sebagai material untuk mendirikan rumah-rumah hunian.

 

Pengerjaan Lebih Cepat

Proses pengerjaan bangunan menggunakan bata ringan menjadi lebih cepat karena bobotnya yang lebih ringan mempermudah para pekerja bangunan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain.

 

Tidak hanya itu, proses pembuatan dan pencetakannya yang dilakukan di pabrik membuat bentuk bata ringan menjadi lebih presisi dengan permukaan yang halus dan rata sehingga proses pengerjaan konstruksi bangunan menjadi lebih cepat.

Baca juga:  Tips Bisnis Online yang Harus Diaplikasikan Oleh Semua Pengusaha

 

Finishing Lebih Praktis dan Mudah

Dengan bentuk yang presisi serta permukaan yang halus dan rata membuat dinding yang menggunakan bata ringan sudah terlihat rapi meski tanpa perlapisan jika menginginkan dinding bernampilan ekspos atau dapat langsung dicat dengan warna sesuai selera. Jika tampilan dinding ingin terlihat lebih halus, cukup dilakukan perlapisan tipis.

 

Berbeda halnya dengan bata konvensional yang butuh perlapisan tebal agar permukaannya terlihat halus karena harus dilapisi dengan plester aci terlebih dahulu.

 

Hemat Biaya Pembangunan

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga satuan bata ringan memang lebih mahal dibanding harga bata konvensional. Namun jika dikalkukasi dengan keseluruhan biaya pembangunan yang harus dikeluarkan, justru akan lebih berhemat karena penggunaan bata ringan dapat meminimalisir ongkos yang lain.

 

Beberapa pos anggaran yang dapat ditekan dengan penggunaan bata ringan diantaranya adalah penggunaan plester yang lebih hemat sekitar 50 persen, ongkos harian pekerja bangunan yang lebih murah karena pengerjaannya butuh waktu yang lebih cepat, serta beberapa pos yang lain.

 

Melindungi Bangunan dan Menjadi Insulator yang Baik

Penggunaan bata ringan dapat menjadi pelindung yang baik bagi bangunan karena memiliki pori-pori pada bagian permukaan yang dapat menyerap suhu panas dari luar bangunan sekaligus menjaga suhu dingin yang ada di dalam ruangan.

 

Sedang bentuknya yang padat dan solid menjadikan dinding yang memakai material bata ringan menjadi lebih kedap suara sehingga suara bising dari luar ruangan dapat diredam dengan baik.

Baca juga: Pabrik Bata Ringan di Makassar

Itulah 5 keuntungan mendirikan bangunan dengan menggunakan bata ringan. Setelah mengetahui keuntungan dari penggunaan bata ringan tersebut, masihkah mempertahankan pola lama dalam mendirikan bangunan dengan menggunakan bata konvensional? (*)

Baca juga:  5 Peluang Bisnis Baru Yang Sangat Menjanjikan